Strategi Mendidik Anak di Era Digital

Main Article Content

Glorati Ndraha
Dorkas Orienti Daeli
Mujur Kasih Telaumbanua

Abstract

Artikel ini membahas tentang strategi mendidik anak di era digital. Teknologi digital telah mempengaruhi kehidupan seluruh masyarakat baik di kota maupun di desa. Banyak masyarakat yang mampu memanfaatkan perubahan yang terjadi di era digital ini sehingga memiliki peningkatan kualitas hidup. Namun, tidak sedikit orang yang tidak mampu memanfaatkannya sehingga mereka mengalami kemorosotan dalam berbagai hal utamanya di kalangan anak-anak usia 6-12 tahun di Desa Mazingo Tanoseo (Hiliworia) Dusun 1, Kecamatan Hiliduho, Kabupaten Nias. Terdapat anak-anak yang mengalami kemunduran prestasi bahkan karakter. Oleh karena itu orang tua perlu menemukan strategi mendidik anak yang tepat. Pola mendidik anak secara tradisional tidak tepat lagi untuk diterapkan sehingga orang tua perlu mengembangkan strategi baru yang lebih bersifat terbuka namun kritis dalam mendidik anak di era digital. Strategi itu berupa mendidik dengan berulang-ulang, memotivasi dan mengajak anak membangun relasi dengan Tuhan, membatasi dan mengawasi anak, memanfaatkan peralatan teknologi, mendidik anak melalui pemanfatan teknologi dan mendidik anak secara demokratis.

Article Details

Section
Articles

References

Hamid, Darmadi. Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konesep Dasr, Teori, Strategi, Dan Implementasi Dalam Pendidikan Globalisasi. AnlMage, 2019.

Hulu, Libertina, Delipiter Lase, and Amurisi Ndraha. “Upaya Orang Tua Menumbuhkan Minat Baca Anak Pada Alkitab.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 14, no. 1 (August 26, 2021): 18–28. https://jurnal.sttsundermann.ac.id/index.php/sundermann/article/view/50.

Ndraha, Amurisi, Bilman Riang Harefa, and Elvilina Hulu. “Peran Guru PAK Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Membaca Alkitab.” HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2, no. 1 (April 28, 2022): 1–12. https://hineni.sttsundermann.ac.id/index.php/hjim/article/view/70.

Ramdani, Hendi Suhendi dan Wahyu. Pengantar Studi Sosiologi Keluarga. Bandung: Pustaka Setia, n.d.

Taylor, Robert Bogdan & Steven. Pengantar Metode Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional, 1992.

Hamid, Darmadi. Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konesep Dasr, Teori, Strategi, Dan Implementasi Dalam Pendidikan Globalisasi. AnlMage, 2019.

Hulu, Libertina, Delipiter Lase, and Amurisi Ndraha. “Upaya Orang Tua Menumbuhkan Minat Baca Anak Pada Alkitab.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 14, no. 1 (August 26, 2021): 18–28. https://jurnal.sttsundermann.ac.id/index.php/sundermann/article/view/50.

Ndraha, Amurisi, Bilman Riang Harefa, and Elvilina Hulu. “Peran Guru PAK Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Membaca Alkitab.” HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2, no. 1 (April 28, 2022): 1–12. https://hineni.sttsundermann.ac.id/index.php/hjim/article/view/70.

Ramdani, Hendi Suhendi dan Wahyu. Pengantar Studi Sosiologi Keluarga. Bandung: Pustaka Setia, n.d.

Taylor, Robert Bogdan & Steven. Pengantar Metode Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional, 1992.