Strategi Gereja Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Anak

Main Article Content

Gustav Gabriel Harefa
April Yanti Zebua

Abstract

Artikel ini membahas tentang  strategi yang harus dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan anak. Strategi yang dimaksud disini adalah sebuah rancangan yang dipakai gereja untuk meningkatkan kualitas komisi pelayanan anak (KPA). Berdasarkan hasil penelitian, tampak bahwa permasalahan pelayanan anak di BNKP Jemaat Ararat sangat kompleks mulai dari kualitas sumber daya manusia/pengajar masih rendah, fasilitas pelayanan yang tidak memadai, pelayanan ibadah anak yang tidak kreatif dan kurang menarik, serta kurangnya strategi gereja atau kepedulian gereja dalam meningkatkan kualitas pelayanan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitis, yang mengkaji perspektif partisipan dan strategi-strategi yang bersifat interaktif dan fleksibel. Menyikapi permasalahan, maka penting sekali strategi yang baik dalam meningkatkan kualitas guru-guru sekolah minggu (SM) dengan melakukan pembinaan, pelatihan, dan sermon untuk guru-guru KPA.

Article Details

Section
Articles

References

Anthoni Michael J. (ed.), Introducing Christian Education: Fondasi Pendidikan Abad 21 terj. (Malang:Gandum Mas, 2017)

Enklaar I. H. dan Homrighausen, E.G. Pendidikan Agama Kristen (Jakarta: BPK-GM, 2016)

Darmawan, I Putu Ayub. Dasar-Dasar Mengajar SM. Edited by Katarina. Semarang: Sekolah Tinggi Teologi Simpson, 2015.

Laheba, Novelina. Guruku Sahabatku, Panduan Mengajar Kreaktif Untuk Guru SM. Yogyakarta: ANDI, 2009.

Lexy J. Meleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Poerwadarminto, W. J. S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1984.

Riemer, G. Ajarlah Mereka. Jakarta: OMF, 2012.

Sidjabat, Samuel B. Strategi Pendidikan Kristen: Suatu Tinjauan Teologis-Filosofis. Yogyakarta: ANDI, 1996.