Gaya Hidup Konsumerisme di Kalangan Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi BNKP Sundermann

Main Article Content

Ivaniwati Gulo
Eirene Kardiani Gulo

Abstract

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi saat ini dapat mempermudah manusia dalam beraktivitas, begitu juga dengan banyaknya pusat perbelanjaan. Namun, kemudahan tersebut dapat juga mempengaruhi cara pandang individu termasuk dalam membeli barang. Pergeseran pembelian yang sering terjadi ialah perilaku membeli yang awalnya untuk kebutuhan kini beralih menjadi keinginan yang disebut dengan gaya hidup konsumeris. Penelitian ini tertuju kepada beberapa mahasiswa STT BNKP Sundermann dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Tujuannya, supaya mahasiswa dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sebab, pembelian yang sering dilakukan saat ini lebih  mengikuti keinginan daripada kebutuhan. Indikator gaya hidup konsumeris yang sering dilakukan oleh beberapa mahasiswa ialah pemborosan ingin terus berbelanja, mengikuti trend, mengoleksi barang, dan kurang bersyukur. Beberapa indikator tersebut tidak mencerminkan sikap sebagai mahasiswa teologi. Gaya hidup mahasiswa teologi yang seharusnya ialah berpedoman pada keteladanan hidup Yesus Kristus, yaitu kesederhanaan. Agar kesederhanaan ini dapat dimiliki maka, mahasiswa teologi harus mengendalikan diri untuk tidak mengikuti keinginan semata.  

Article Details

Section
Articles

References

Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Jawa Barat: CV Jejek, 2018.

Fitriandhito, Hana. “Analisis Pengaruh Gaya Hidup Konsumerisme Di Kalangan Mahasiswa.” Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP 03, no. no.5. (2019).

Malcolm, Brownlee. Tugas Manusia Dalam Dunia Milik Tuhan: Dasar Theologis Bagi Pekerjaan Orang Kristen Dalam Masyarakat. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2004.

Marina, Dominika. “Konsumerisme Di Era Digital.” https://doi.org/10.36914/tarfo.v1i1.328 01, no. 01. (2020).

Putra, Andreas Maurenis. “Konsumerisme: ‘Penjara’ Baru Hakikat Manusia?, Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat.” https://doi.org/10.33550/sd.v5i1.79 5, no. no.1. (2018).

Riskan, Muh. “Perilaku Sosial Konsumerisme Pada Remaja Di Era Globalisasi.” Program Studi Pendidikan Sosiologi 01, no. 02 (2017).

Samuel, Kamagi Kevin, and Universitas Kristen Indonesia. “Peran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Remaja Dalam Mencegah Perilaku Konsumerisme Di Era Digital” 6, no. 2 (2022).

Soedjatmiko, Haryanto. Saya Belanja, Maka Saya Ada. Yogyakarta: Jal Asutra, 2008.

Sri Wening. Waspada Konsumerisme: Kiat-Kiat Menghambat Melalui Pendidikan Karakter. Jakarta: Rumahaksara, 2002.

Zuhriyah, Dhukha. “Perilaku Konsumtif Ditinjau Dari Gaya Hidup Konsumerisme Dan Persepsi Terhadap Iklan Produk” 02 (2018).