Pemanfaatan Alat Peraga Pengajaran Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Anak di TK Swasta Kristen BNKP Hanna Blindow

Main Article Content

Sinar Abdi Waruwu
Amurisi Ndraha
Mitra Nurdalismin Muliana Gulo

Abstract

Alat peraga adalah alat bantu pengajaran yang wajib digunakan oleh pendidik untuk mengajari anak usia dini. Namun realitas yang terjadi terkadang sebagian guru TK tidak menggunakan alat peraga pengajaran untuk mengajari peserta didik. Lewat pendekatan Kualitatif berserta prosedurnya, penulis berhasil mengumpulkan data penyebab sebagian guru tidak menggunakan alat peraga pengajaran, karena keterbatasan bahan dan kemampuan tenaga pengajar untuk membuat alat peraga pengajaran, sehingga hal ini berdampak pada proses belajar mengajar anak ditandai dengan sebagian kegiatan pembelajaran tidak terlaksana dan pembelajaran yang diberikan tidak memberikan yang signifikan dalam mengembangkan kemampuan berpikir anak. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merekomendasikan upaya pemanfaatan alat peraga pengajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir anak usia dini di TK Swasta Kristen BNKP Hanna Blindow, pihak sekolah melengkapi bahan dan alat peraga penagajaran, memberikan motivasi kepeda peserta didik, melakukan pengawasan dan evaluasi kepada guru untuk membuat alat peraga pengajaran, alat peraga pengajaran dibuat sebelum kegiatan pembelajaran.


 

Article Details

Section
Articles

References

Gandasetiawan, Ratih Zimmer. Mengoptimalkan IQ & EQ Anak Melalui Metode Sensomotorik. Jakarta: Libri, 2010.

Indrijati, Herdina. Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: kencana, 2016.

Jarvis, Matt. Teori-Teori Psikologi Pendekatan Modern Untuk Memahami Perilaku, Perasaan & Pikiran Manusia. London: Routledge, 2000.

Rahman, Mhd. Habibu. Model-Model Pembelajaran Anak Usia Dini: Teori & Implementasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2019.

Rosyid, Zaiful. Ragam Media Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara, 2019.

Sulyandari, Ari Kusuma. Perkembangan Kognitif Dan Bahasa Anak Usia Dini. Malang: Guepedia, 2021.

Suparno, Paul. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius, 2001.

Usman, Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakaya, 2007.

Victoranto, Fredericksen. Teori Dan Aplikasi Psikologi Perkembangan. Aceh: Muhammad Zaini, 2021.

Pdt. Atini Laoli, Wawancara 5 April 2023

Rosiami Zebua, Wawancara 11 April 2023

Desdalina Zendrato, Wawancara 6 April 2023

Erni Febriani Sarumaha, Wawancara 17 April 2023

Sudiria Harefa, Wawancara 18 April 2023

Yorisna Harefa, Wawancara 6 April 2023

Yarniwati Lase, Wawancara 17 April 2023