Kreativitas Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran di SD Negeri 075082 Marafala

Main Article Content

Noni Asriyana Telaumbanua
Delipiter Lase
Amurisi Ndraha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran, mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya kreativitas guru, serta menjelaskan upaya meningkatkan kreativitas guru dalam mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, para guru dan kepada sekolah SD Negeri 075082 Marafala dipilih sebagai sumber data. Data yang berhasil dijaring dianalisis dengan interactive model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya sarana dan fasilitas pendukung pelaksanaan pembelajaran, serta hambatan dalam diri guru itu sendiri. Berdasarkan temuan penelitian dimaksud, penulis merekomendasi agar sekolah mengembangkan fasilitas pembelajaran termasuk di dalamnya media pengajaran, memberi perhatian terhadap peningkatan kompetensi para guru melalui pelatihan-pelatihan, serta guru perlu meningkatkan kompetensinya secara mandiri, bekerjasama dengan rekan sejawat dan bahkan melibatkan peserta didik dalam merancang dan mengembangkan media pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

References

Ambarjaya, Beni S., and Elin Marlina. Model-Model Pembelajaran Kreatif. 1st ed. Bogor: Regina Publishing and Printing, 2008.

Andar Gultom. Profesionalisme, Standar Kompetensi, Dan Pengembangan Profesi Guru PAAK. Edited by Saur Hasugian. 1st ed. Bandung: Bina Media Informasi, 2007.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Cresswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Research Design, Second Edition. 4th ed. SAGE Publications, Inc., 2014.

Dale, Edgar. Audio-Visual Methods in Teaching. 3rd ed. New York: The Dryden Press, 1969.

Daryanto. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 4th ed. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.

E. Mulyasa. Menjadi Guru Profesional. Edited by Mukhlis. 11th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Fletcher, J. D., and Sigmund Tobias. “The Multimedia Principle.” In The Cambridge Handbook of Multimedia Learning, 117–134. Cambridge University Press, 2005. https://www.cambridge.org/core/product/identifier/CBO9780511816819A015/type/book_part.

GP, Harianto. Teologi PAK: Metode Dan Penerapan Pendidikan Kristen Dalam Alkitab. Yogyakarta: ANDI, 2017.

Hamad Ibnu; Komarudin; Mohandas Ramon; Sumadi Tjipto. Kurikulum 2013 : Tanya Jawab Dan Opini. Jakarta: Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (PIH) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

Kasan, Tholib. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Studia Press, 2009.

Koswara, D. Deni, and Halimah. Bagaimana Menjadi Guru Kreatif? Bandung: Pribumi Mekar, 2008.

Kuatandi, Cecep, and Bambang Sutjipto. Media Pembelajaran Manual Dan Digital. Edited by Risman Sikumbang. 2nd ed. Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.

Lase, Delipiter, and Etty Destinawati Hulu. “Dimensi Spritualitas Dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 13, no. 1 (March 20, 2020): 13–25. https://jurnal.sttsundermann.ac.id/index.php/sundermann/article/view/24.

Mayer, Richard. E., and Roxana Moreno. “Animation as an Aid to Multimedia Learning.” Educational Psychology Review 14, no. 1 (2002): 87–99. https://link.springer.com/article/10.1023/A:1013184611077.

Mayer, Richard E. Multimedia Learning. 3rd ed. New York: Cambridge University Press, 2020.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd ed. New York, NY: SAGE Publications, Inc., 2014.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Naim, Ngainun. Menjadi Guru Inspiratif: Memberdayakan Dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Nasution, S. Teknologi Penddikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

———. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Oktaria, Tri Ani, and Riswan Jaenudin. “Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA N 1 Muara Padang Banyuasin Sumatera Selatan.” PROFIT 4, no. 2 (2017): 145–154. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5593.

Oktavia, Yanti. “Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 2, no. 1 (2014): 808–831. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/3828.

Pebrianto, Tinton Tri, and M Tauchid Noor. “Pengaruh Kreativitas Guru Mengajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Prestasi Siswa Kelas XI Jurusan IPS Di SMAN Karubaga Kabupaten Tolikara.” Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS 9, no. 2 (2015): 1170–1180. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/download/1666/1345.

Prijanto, Jossapat Hendra. “Panggilan Sebagai Guru Kristen Wujud Amanat Agung Yesus Kristus Dalam Penanaman Nilai Alkitabiah Pada Era Digital [A Christian Teacher’s Calling in Response to Jesus Christ’s Great Commission in Instilling Biblical Values in a Digital Era].” Polyglot: Jurnal Ilmiah 13, no. 2 (August 2017): 13.

Rasam, Fadli, and Ani Interdiana Candra Sari. “Peran Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK Di Jakarta Selatan.” Research and Development Journal of Education 5, no. 1 (2018): 97–113. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/3391.

Russell, H Russell Bernard and Bernard H. Research Methods in Anthropology: Qualitative and Quantitative Approaches. Walnut Creek: AltaMira Press, 2006.

Sardiman, A. M. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.

Smit, Brigitte, and Anthony J. Onwuegbuzie. “Observations in Qualitative Inquiry: When What You See Is Not What You See.” International Journal of Qualitative Methods 17, no. 1 (December 2018).

Sumiyantiningsih, Dien. Mengajar Dengan Kreatif & Menarik. 3rd ed. Yogyakarta: ANDI, 2006.

Supriadi. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta, 2011.

Tamara, Yesi, Angel Christie Pakasi, Desserly Krismawaty Wesly, and Edi Sujoko. “Profesionalitas Yesus Sang Guru Agung Dalam Penggunaan Media Pembelajaran.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 1 (June 2020): 65.

Utami, Munandar. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.