Peran Guru PAK Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Membaca Alkitab

Main Article Content

Amurisi Ndraha
Bilman Riang Harefa
Elvilina Hulu

Abstract

Membaca sangat penting dalam kehidupan manusia. Membaca dapat membantu setiap individu dapat memperoleh informasi dari yang dibaca. Namun sering kali membaca sering diabaikan bahkan masih ada yang mengalami kesulitan, yang disebut Kesulitan membaca. Kesulitan belajar membaca adalah ketidakmampuan anak dalam mempelajari unsur-unsur kalimat. Masalah yang dihadapi adalah kesulitan belajar membaca Alkitab siswa. Kesulitan belajar membaca Alkitab menjadi salah satu permasalahan dan hal ini harus segera di atasi, karena Alkitab merupakan Firman Tuhan yang bisa memberi pengertian, pemahaman dan pertumbuhan iman bagi anak-anak. Dimana hal itu menjadi tujuan utama dari Pendidikan Agama Kristen. Kesulitan belajar membaca Alkitab sangat banyak dialami oleh siswa yaitu siswa sekolah dasar oleh karena itu guru memiliki peran penting di dalamnya. Adapun tujuan untuk penelitian ini adalah menguraikan dan mendeskripsikan bentuk-bentuk kesulitan belajar membaca siswa, mengetahui penyebab kesulitan belajar membaca Alkitab siswa dan untuk mengetahui solusi mengatasi kesulitan belajar membaca Alkitab siswa kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Untuk memperoleh data penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri atas wawancara, observasi dan dokumentasi.  

Article Details

Section
Articles

References

Abdurrahmann, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Ahmadi, H. Abu. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Ali, Lukman. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1991.

Darimi, Ismail. “DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKTIF DI SEKOLAH.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 1 (August 30, 2016): 30. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/689.

Delphie, Bandi. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT Refika Aditama, 2006.

Dr. Harun Hadiwijono. Iman Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1995.

Farida Rahim. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Harding, G. R. Bina Diri. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 1993.

Homrighausen, E. G. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2001.

Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2008.

Louis, Berkhof. Teologi Sistematika Volume 1: Doktrin Allah. Surabaya: Momentum, 2007.

Luther, Marthin. Katekismus. Jakarta: Yayasan Borbor, 2004.

Martini Jamaris. Kesulitan Belajar:Perspektif, Asesmen, Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Milne, Bruce. Mengenal Kebenaran. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Raco, Jozef. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo, 2010.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Wood, Derek. Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Kata Hati, 2009.

“Alasan Utama Kenapa Anak Harus Belajar Alkitab Sedari Dini!” SUPERBOOK. Last modified 2018. Accessed April 26, 2021. https://www.superbookindonesia.com/article/read/article/Alasan+Utama+Kenapa+Anak+Harus+Belajar+Alkitab+Sedari+Dini%3F/id/740.html.

ALKITAB. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2017.